Dunia Terbagi Dua Panggung FIFA : Lionel Messi Dan Cristiano Ronaldo

Agen BolaLionel Messi sudah mencetak 56 gol internasional ke gawang top 50 negara dalam ranking FIFA, sementara Cristiano Ronaldo hanya mengoleksi 35 gol dalam tolok ukur yang sama. Lantas, apakah Messi layak dianggap lebih hebat dari Ronaldo?

Kedua pemain ini terus bermain di level yang tak terjangkau dalam 15 tahun terakhir. Dunia sepak bola seakan-akan terbagi dua: arena Messi-Ronaldo; dan arena pemain-pemain hebat yang tak akan bisa mendekati mereka.

Messi adalah wajah Barcelona, dia meraih 13 gelar La Liga sejak memulai debutnya, juga enam trofi Copa del Rey. Musim 2018/19 kemarin, meski tak lagi muda, Messi masih memberikan performa luar biasa.

Baca Juga : Belanda Berhasil Mengunci Tiket ke Final Usai Perpanjangan Waktu

Ronaldo Adalah Raja Liga Champions

Ronaldo memiliki lima trofi Liga Champions, dua gelar La Liga, tiga gelar Premier League, dan satu Serie A. Dia sudah menaklukkan Eropa, Inggris dan Spanyol, Italia menunggu.

Keduanya juga mengoleksi Ballon d’Or terbanyak. Total 10 Ballon d’Or: lima untuk Messi, lima untuk Ronaldo. Lalu, bagaimana persaingan mereka di panggung internasional?

Ronaldo sudah pernah mempersembahkan trofi mayor untuk timnas Portugal, yakni Euro 2016. Messi, di sisi lain, belum pernah mempersembahkan trofi mayor apa pun, hanya beberapa final Copa America dan Piala Dunia.

Kapten Portugal itu juga mencetak gol internasional yang jauh lebih banyak: 88 gol. Messi mengoleksi 67 gol, masih banyak, tapi tidak sebanyak koleksi gol Ronaldo.

Baca Juga : Segel Tiket ke Final, Cristiano Ronaldo Hattrick Melawan Swiss

Kontras

Meski begitu, tim-tim yang pernah dibobol Ronaldo dan Messi membuktikan kontras. Messi tampaknya lebih sering melawan tim yang lebih kuat ketimbang Ronaldo.

Tercatat, 56 dari 67 (84 persen) gol internasional Messi tercipta melawan negara dalam rangking top 50 FIFA. Ronaldo hanya mcetak 35 dari 88 (39 persen) golnya melawan tim dengan tolok ukur yang sama.

Berdasarkan statistik ini saja, fans Messi boleh berdalih idola mereka jauh lebih efektif melawan tim yang lebih kuat – tetapi fans Ronaldo bakal menegaskan idolanya banyak mencetak gol pada laga uji coba.

Rekor melawan tim top 50 ini menambah satu lapisan baru pada debat Messi vs Ronaldo yang tak pernah berakhir, jelas bakal terus bertahan beberap tahun ke depan.

Baca Juga : Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa Keenam Kalinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *